Beranda > Ahulbayt, Akhlak, HIKMAH > Solawat kepada Nabi saw dan Ahlulbaytnya as

Solawat kepada Nabi saw dan Ahlulbaytnya as

Ketika nabi muhammad saww pergi ke langit Nabi saw melihat satu malaikat yang memiliki seribu sayap dan setiap sayap terdiri dari seribu tangan dan setiap tangan memiliki seribu jari, Nabi saw ketika melihat hal ini Nabi saww bertanya kepada Jibril as  tentang apa tugas malaikat itu?
Jibril menjawab bahwa malaikat itu bertugas menghitung setiap tetes air yang turun dari langit dari zaman nabi adam as sampai hari kiamat.
Kemudian Nabi saw menemui malaikat tersebut dan memujinya karena sangat tepat menghitung tetesan air hujan dan sangat teliti dalam menghitungnya..
Kemudian malaikat itu berkata kepada Nabi saw bahwa memang tugasnya menghitung tetesan air hujan tapi masih ada yang tidak bisa dia hitung.
Nabi sawberatanya kepada malaikat tersebut tentang apa yang tidak bisa dihitungnya.
Malaikat menjawab: Aku tidak bisa menghitung pahala orang yang bersolawat kepada mu dan keluargamu…….

Allah swt menciptakan 7 gunung di langit, setiap gunung dipenuhi oleh malaikat yang tak terhitung jumlahnya, disetiap gunung para malaikat selalu bertasbih, bertahmid, bertahlil, dan semua pahalanya itu diberikan kepada siapa saja yang bersholawat kepada Nabi Muhammad saww dan Ahlulbaitnya as.
sholawat!!!!!!!! Allahumma sholli ala Muhammad wa alimuhammad.
 

About these ads
Kategori:Ahulbayt, Akhlak, HIKMAH
  1. Oktober 15, 2008 pukul 3:19 am

    Maaf…, masa sih malaikat demikian bodohnya…, tidak bisa berhitung?

    Btw…, kalau boleh tahu…, kenapa ya perlu bershalawat pada Nabi Muhammad? Apakah ada dosanya?

    Karena kalau orang tidak berdosa…, pasti otomatis masuk sorga…

    Kalau boleh tahu lebih lanjut…, apa saja ya dosa Nabi Muhammad?

    Tuhan memberkati anda…, dan kiranya menjadi muslim yang jujur…, amen.

    • boyon
      Juni 14, 2010 pukul 8:51 pm

      Nabi Muhammad SAW tak pernah melakukan perbuatan dosa,..!!! dia diciptakan ALLAH SWT menjadi satu2 mahluk yg sempurna!!! agamamu aja urus!!! btw…apa masuk akal Tuhan menciptakan tuhan????? apa masuk akal tuhan meminta tolang!!???? eli..eli..ini sabahtani!!!!!wkwkwkkwwkw

      • Februari 18, 2012 pukul 3:55 am

        mohon maaf.akan lebih menarik jika dijawab dengan bahasa yang santun seperti yang telah dicontohkan baginda Muhammada..solu ala nabi Muhammad………

    • io..
      Maret 9, 2011 pukul 4:58 am

      klo mas belum tahu.,,
      sesungguhnya Nabi Muhammad SAW itu menanggung separuh dosa dari umatnya karena begitu cintanya Nabi SAW kepada umatnya, pernah diceritakan dalam sebuah kitab ketika nabi mau meninggal dunia kata terakhir yang diucapkan adalah “umatku” , selain itu ketika umat Nabi SAW itu membangkang ataupun melakukan dosa kecil ataupun besar Nabi SAW tidak pernah melaknatnya seperti yang dilakukan nabi sebelumnya malah Nabi SAW mendo’akan dia supaya dibukakan jalan yang benar oleh Allah SWT, untuk masuk surga pada hari kiamat pun Nabi SAW menanti semua umatnya masuk surga walaupun umatnya itu masuk ke neraka jahanam(dalam artian umat tersebut telah diterangkan dalam aturan islam), Nabi SAW menunggu mereka untuk memintakan ampunan kepada ALLAH SWT karena mereka telah menjadi umat Nabi SAW serta melakukan sedikit kebaikan sebagaimana diterangkan dalam Al-Qur’an.,.
      itulah sedikit, jadi bagaimana ikap kita sebagai umatnya…
      semoga bermanfaat….

    • Juni 25, 2013 pukul 1:20 am

      ngapain ngurusin dosa orang wong dosanya sndiri gk tau kyak gmana///????
      tau ta sprti apa dosa itu???

  2. haryani
    Desember 4, 2008 pukul 3:43 pm

    Hoi bung bersolawat pada Nabi itu bukan berarti kita memintakan ampunan untuk beliau (nabi Muhammad SAW), tapi kita berkirim salam pada beliau, karena nabi Muhammad SAW itu sempurna, tidak punya dosa,agar kita nanti di yaumul akhir mendapatkan safa’tnya, maka kita harus sering-sering kirim salam pada beliau.
    Jadi bersolawat itu artinya kita memberi salam pada beliau (nabi Muhammad SAW)agar kita diberi safa’tnya untuk masuk surga bersamanya.
    okeeeee…..

  3. jim
    Desember 20, 2008 pukul 8:16 am

    sungguh bodoh orang yang beranggepan bahwa sholawat itu untuk orang yang memiliki dosa karena, kalau sholawat itu untuk yang orang yang memiliki dosa maka yang paling berhak mendapat sholawat adalah para pendosa, sedangkan para pendosa jelas2 Allah la’nat. jadi anggapan (imankristen) tentang sholawat sungguh sangat salah sekali.
    trus masalah malaikat, perlu diketahui bahwa malaikat adalah makhluk Allah swt, yang mana setiap malaikat memiliki tugas masing2.
    orang yang hanya memiliki uang satu juta menganggap bahwa 100juta itu banyak, tapi orang yang memiliki uang lebih dari 100treliun menganggap bahwa 100juta itu sedikit.
    malaikat melihat bahwa perhitungan tetesan air di bumi itu mudah, akan tetapi rahmat Allah swt yang diberikan kepada Rasul saw sangatlah besar dan malaikat tersebut tidak ada kemampuan untuk menghitungnya. Karena Allah swt memiliki kekuasaan dan rahmat yang tak terbatas.

  4. Februari 12, 2009 pukul 11:09 am

    Bung…Iman kristen…anda terlalu dangkal dalam berfikir. solawat kepada Nabi Muhammad SAW itu kita kirim salam kepada beliau seperti yang di ungkap haryani. tapi alangkah baiknya jika anda ingin tahu lebih dalam…jadi mualaf dulu kali…dan semoga akan mengerti semua tentang shalawat dll…otreeeee

  5. muhammad irfan fauzi
    Maret 22, 2009 pukul 12:29 pm

    Buat bung imankristen saya akan berbalik tanya kenapa patung yesus anda sembah dan puji, bukankah itu hanya benda mati yang tidak berdaya juga lemah. tau ga? ketika anda memohon di depan patung yesus yesus berbisik kepada saya katanya: bagaimana aku bisa menolongmu imankristen sedangkan aku disini kedinginan dan di salib serta di abadikan menjadi patung yang tak berdaya…ha…ha…ha…kacian deh yesus??? kristen fuck you

  6. iman
    Juni 9, 2009 pukul 3:26 am

    untuk mengetahui sungai itu dangkal ato dalam tidak cukup hanya di lihat dari kejauhan……lebih dari pada itu kita harus berani menyelaminya maka akan terlihat betapa agungnya sang pencipta…..
    wahai iman kristen lo you ingin tau tau solawat dan malaikat jangan hanya memandang dari kejauhan tapi mari bergabunglah bersama kami niscaya akan anda rasakan betapa maha mulianya Allah yang pencapta dan dapat anda rasakan betapa nikmatnya bersolawat atas nabi……

  7. tomi
    Juli 23, 2009 pukul 3:44 pm

    Solawat bagi Rasulullah saw yang diajarkan Rasulullah saw itu adalah nikmat bagi manusia yang mengucapkannya.

  8. EKO
    Agustus 4, 2009 pukul 3:29 am

    MUDAH2AN SANG IMAN KRISTEN DIRAHMATI OLEH ALLAH SWT DAN DIBUKAKAN PINTU HATINYA,SEGERA INSYAF DAN BERGABUNG DENGAN AGAMA ISLAM, AGAMA YANG SEMPURNADISISI ALLAH…AMIEN.

  9. sinyo
    November 3, 2009 pukul 2:32 am

    Allahumma sollia’ala sayyidina muhammad… baik dan buruk kelakuan, perkaatan kita akan di diminta pertanggung jawaban oleh Allah SWT. mari kita selalu bersolawat kepada junjungan nabi besar muhammad saw… tak perlu tergoda oleh mulut2 kotor dari kaum kafir.

  10. crisdian
    November 30, 2009 pukul 8:54 pm

    sholawat itu penting dan manfaatnya itu seprti ini klo toh nabi muhamad diumpamakan sbg gelas yang penuh dgn air(karna dia manusia yg smpurna)dan shalawt diumpmakan dengan air. maka apabila kita bersalawat kpd-nya sprti gelas yng terisi penuh dngn air lalu diisi lagi dengan air (shalawt)maka air tersbut akn tumpah dan kembali lagi k kita yg mana itu mnjadi safa’at bwt kita di yaumul akhir….

  11. rumi
    Desember 11, 2009 pukul 6:01 am

    maaf bung iman kristen gimana yesus mau menolong anda wong dia nya aja diikat ditiang salib…sudah telanjang, dingin kedinginan, panas kepanasan, hujan kehujanan…diikat lagi gimana bisa menolong tuh…logika nya kan orang mau menolong punya daya..lah ini daya juga ga punya gimana mau menolong wong yesus sendiri aja menderita….

  12. Januari 22, 2010 pukul 12:57 pm

    kenapa gak ada tulisan solawatan dan isinya

  13. Februari 13, 2010 pukul 5:14 am

    apabila seseorang membaca solawat satu kali maka allah akan menggantikan sepuluh kali
    solawat juga bisa membuat hati tenang tentram
    barang siapa yg membaca solawat 1000 kali terus berdoa kepada allah maka allah akan mengabulkannya

  14. Maret 12, 2010 pukul 10:29 pm

    usil aja tuh si imankristen ..
    kalo mw tau ,, masuk islam aja!!! . .

  15. Desi
    Maret 24, 2010 pukul 3:02 am

    Slam Untuk Pembaca
    maksudya sholawat itu bagus bgi yg mengerti neng.klo anda tdk mengerti mding diem jgn kometar.apa lagi u bkan muslim….gelo.aq mau tnya pda org kristen./katolik .mana ada tuhan di lahirkan ama orang.yg bkin orang kan Allohnya org muslim.tuhan kok pya ibu sihh…?ama pya bapak, apa bner nabi isa itu agamanya kristen,butikan,tuhan itu tidak kelihatan ama mata.tuhan kamu kan ada di mana-2 (patung)
    bunda maria hamil tanpa bapak..itu supaya manusia tahu bahwa Alloh kekuasaan Alloh bisa berbuat apa saja.nabi isa itu muslim bukan yesus.yang di salip itu sesus anda bkan nabi Isa.as.yang di salib manusia biasa.insaf sebelum anda masuk neraka.

  16. Maret 29, 2010 pukul 3:05 pm

    duch……..kacian deh lo iman kristen, mending dari pada lho berdebat pada agama islam, tobat dulu sana gih…ntar kita buktikan ya, lho di beri syafaat oleh yesus apa gak dihari kiamat nanti, hu…
    em…yakin nie yesus agama kristen ?kayaknya gak tuch…n dari mana sih ambil nama yesus tu…
    wong asalnya orang islam n taat agama koq diberi gelar us..us..us…

  17. Hamba Allah Pecinta Nabi-NYA
    April 29, 2010 pukul 8:27 pm

    BETUL BANGET PERTANYAAN ORANG KRISTEN ITU..
    memangnya Nabi Muhammad s.a.w Punya dosa ya?

    jawabnya : tidak.
    sebagaimana Nabi Isa, Nabi Muhammad itu Ma’sum
    terjaga dari berbuat dosa sekecil apapun.

    sedangkan sholawat itu adalah perintah Allah dalam Al-Qur’an.

    menunjukkan betapa agungnya Kedudukan Nabi Muhammad s.a.w
    sampe2 Allah dan Malaikat dan Orang beriman diperintahkan bersholawat kepada Rosulallah s.a.w

    Rosulallah juga mengingatkan, bahwa orang yang paling dekat dengan beliau di Hari kiamat adalah orang yang paling banyak membaca sholawat.

    JADI, KESIMPULANNYA..
    SEMUA ORANG BERIMAN DAN MALAIKAT DAN NABI-NABI BERSHOLAWAT UNTUK BELIAU DAN KELUARGANYA.
    bukan karena Nabi butuh do’a kita, Namun Karena kita berharap menjadi lebih dekat kepada beliau s.a.w

  18. Hamba Allah Pecinta Nabi-NYA
    April 29, 2010 pukul 8:29 pm

    * ralat, Allah s.w.t bersholawat dan begitu juga malaikat-malaikat-NYA.

    dan begitu pula orang beriman diperintahkan untuk bersholawat kepada Rosulallah.

  19. Mei 17, 2010 pukul 7:03 am

    ko pada ribut sih
    lakum dinukum waliaydin…..biarin aja tu yang ngomong..krn dia temen kita itu ga tau..jangan sampai kia kena hasutannya..memang orng kristen itu kayak gitu..allahu akbar

  20. Mei 17, 2010 pukul 7:11 am

    tapi ko aku baru tau critanya ya..so..alloh sangat maha dahsyat donk…sampe setetes air hujan aja dihitung…

  21. eko
    Juni 5, 2010 pukul 11:51 am

    iman kristen yg trhormat, seandainya anda tau isi dalam alkitab, anda pasti malu.
    Didalam alkitab, ada doa untuk bapak disurga. saya lupa suratnya, nanti saya cari lagi. kurang lbh isinya, selamatkanlah bapak disurga, sucikan bapak disurga……………..
    Kalau anda taat agama, anda harus hafal dan paham seluruh isi alkitab,karna itu tuntunan anda.
    Tp tdk ada 1 orgpun bhkan pendeta yg sanggup mnghafal seluruh alkitab.
    Tp qur,an bsa dhafal slrh umat islam,bkn hanya ustadz dan kyai.
    Itulh Alqur’an yg mulia

  22. eko
    Juni 6, 2010 pukul 6:37 am

    9. karena itu berdoalah demikian :
    Bapak kami yg disurga,dikuduskanlah nama-Mu,
    10. datanglah kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu dibumi seperti disurga
    dan seterusnya.

    Coba saudara iman kristen tanyakan sama pendeta, surat apa petikan alkitab diatas?

    Masa’ Tuhan didoakan? berarti tuhan najis donk karena belum kudus.

    Makanya, hati2 sblum bicara bahwa nabi didoakan.
    Itu bkan doa,tp ucapan salut. penghormatan trhadp orang yg brjasa smasa hdp. karna cuma itu yg bs kt beri.
    Sama sprt kt mbri hrmat pd phlawan

  23. eko
    Juni 6, 2010 pukul 6:48 am

    Mau debat lagi, ayo tak tantang. jangan macam2 sama orang islam.
    Walaupun orang muslim preman, tapi kalo agamanya diganggu jgn macam2.
    Saya siap melayani debat iman kristen. Kita buktikan, mana yang benar dan paling logis. Alqur,an atau kristen?
    Pendeta yg sdh paham ilmu prbedaan agama, psti dia akan meninggalkan kristen, karena ajarannya tdk logis.
    Banyak buktinya pendeta yg msk islam.
    Ilmu anda msh rndah, makany anda betah dlm kesesatan. Smoga anda cepat sadar dan bertobat. Amiiiiin.

  24. Juni 12, 2010 pukul 4:26 pm

    assalamualaikum,
    hamba hanya orang bodoh,yang ingin mengingatkan kita sesama muslim, agar menjaga ahlaq seperti yang diajarkan junjungan kita Sayyidina Muhammad SAW, baik sesama muslim atau non muslim, karena kita semua adalah mahluq Alloh, yang punya kekhilafan dan dosa, marilah kita sama sama meneladani sifat Baginda Rasululloh SAW, yang baik kepada semua mahluq Alloh, mungkin mereka sedang tertawa sekarang menertawai kita yang mudah terpecah belah muslimin sesama muslimin, jangan terpancing dengan mediasi mereka saudaraku,, smoga sukses dengan segala cita 2. wallohu a’lam

  25. Juni 15, 2010 pukul 6:40 am

    Sebaiknya mari kita saling instopeksi diri dan tidak saling memperolok-olok orang lain.
    Hanya dengan saling menghargai dan menghormati dunia ini akan aman,…. amien…

    • Oktober 1, 2010 pukul 3:40 pm

      S PURWANTO… SUNGGUH MULIA PENGERTIAMU,,, SMOGA BERTAMBAH BANYAK,, INSAN YG BERPENGERTIAN SEPERTI ANDA…

      • kasiadi
        Januari 22, 2013 pukul 3:49 pm

        tiada daya dan kekuatan kecuali dengan izin ALLAH SWT, bgtu pula dgn iman kristen, demikianlah Allah menciptakan isi bumi ini, sesuatu yg jelek menjadikan kita utk berjuang mengubahnya menjadi baik, shgga kita mndpt pahala dari Allah SWT. kalau boleh sy ngasi pendapat : iman kristen yg sy hormati, Nabi Muhammad itu satu2nya org paling sempurna, bersholawat itu bukan berarti memintakan ampunan dosa baginya, itu lebih dikarenakan Allah sangat menyayangi hambanya yang walaupun penuh dengan dosa, sehingga diberinya kemudahan, dengan bersholawat sudah bisa menambah amalan baik dan mendapat pahala, shgga di akhirat nti bisa masuk surga karena mendapat syafaat dari nabi Muhammad dan sesuai dengan janji ALLAH SWT. karena Allah SWT maha menepati janjinya. Amiiiin….!! Semoga iman kristen mendapat ridho dari Allah SWT dan dibukakan hatinya shgga bisa bersama kami dalan Islam dan Rahmat dari Allah SWT. Insyaallah….!!!!!

  26. wong losari
    Februari 7, 2011 pukul 7:13 am

    Saudaraku. Kalau anda mau tanyya tentang agama silahkan tanya pada ahlinya. Datanglah ke PESANTREN. Tapi dengan niat ingin mendalami dan mengamalkan. Tapi kalau niatnya hanya ingin menjelek-jelekan ya tidak usah karena memang kita beda IMAN.
    Kalau Kristen tanyakan pada pendetanya
    Kalau Muslim Yanyakan Pada Ulamanya
    Begitu Jangan Repot.

  27. Februari 8, 2011 pukul 1:21 pm

    yap.. Betul bangets yg di katakan wong losari..

  28. muja
    Februari 22, 2011 pukul 1:15 pm

    askum..ga banyak aku tulis intiny yakinkan n mantapkan agama kita cuma buat islam..amin

  29. arbai
    Februari 28, 2011 pukul 4:00 am

    ان الدين عندالله الاسلام لااكراه في الدين قدتبن الرشدمن الخي

    iman kristen maklum karena bodoh tentang islam doakan : allohummahdi qaumi fa-innahum la ya’lamun ” dan ajarkan saja tentang islam, islam rahmatan lilalamin, kalao mau bacalah alquran kalau belum bisa terjemahan aluqran itupun perlu penjelasan, karena alquran mengandung bahasa yang indah, majazi, balagoh dan lain-lain yang sangat dalam, pendeta yang tulus baca alquran, akan masuk islam, kerena terpenerangah dan kagum. tapi orang islam tidak ada yang masuk kristen, kecuali disuapi mi dan recehan

  30. Wong Losari
    Oktober 3, 2011 pukul 4:45 am

    ya wajar kalau kaum nasrani bertanya seperti itu, karena mereka bukan dari golonganku, jawab dengan santun dan dapat memberikan pencerahan. kepada kaum nasrani, kalau memang mau paham dan mengerti apa itu solawat syaratnya harus mualaf dulu, baru bisa belajar kalau tidak buat apa anda bertanya tentang itu kalau hanya untuk membuat krusial hubungan ibadah kita. tapi aku maklum karena anda bukan agama islam.

    Yang menjadi masalah dan meresahkan kita kalau anda orang berjenggot (WAHABI) mengaku islam (orang soleh) tapi ati dan pirannya masih kotor, suka membid’ah lainnya. sok tahu nabi MUhammad SAW. Nabi MUhamad SAW tidak pernah mengkafirkan oranglain, paman sendiri tidak mau solat ya engga apa-apa, PADAHAL DIA SENDIRI YANG BID’AH karena NABI ENGGA PERNAH PAKAI CELANA NGATUNG.

    Ayu batur ayu sedulur. hidup sing akur dan rukun karena itu sunah Rosul, Kalau ada Ustad yang suka bilang BID’AH Jauhi dan hindari itu musuh nyata Islam, bukan agama lain. seperti pengebom itu yang mengaku islam dan suka bawa-bawa alqur’an.

  31. Dinar
    November 25, 2011 pukul 3:59 am

    Subhanallah….!!! Benar yg dikatakan rekan 2 diatas….bahwa solawat untuk nabi adalah salam agar nabi mengenal kita kelak di Alam Mahsyar sbelum masuk timbangan, ketika semua manusia berkumpul mencari nabi dan mencari perlindungan. Nabi Muhammad satu2nya nabi yg memiliki kolam yg bernama Al Kautsar, dan kolam itu dipake untuk menyelamatkan dari ganasnya Alam masyar yg beratap Matahri 7 hasta dan berlantai perak yg sangat panas.
    Subhanallah…semoga romhat dan salam selalu disampaikan kepada junjungan kita nabi Muhammad Sa. dan semoga Allah yang Maha Perkasa melindungi kita dari azab Mahsyar dan Azab Neraka. Aminnn….!!!!

  32. Dinar
    November 25, 2011 pukul 4:04 am

    Subhanallah.!!! Mahasuci Allah dengan segala firmannya.

    Benar yg dikatakan rekan 2 diatas….bahwa solawat untuk nabi adalah salam agar nabi mengenal kita kelak di Alam Mahsyar sbelum masuk timbangan, ketika semua manusia dibangkitkan dlam keadaan bingung dan ketakutan, semua berkumpul mencari nabi dan mencari perlindungan.

    Nabi Muhammad adalah satu2nya nabi yg memiliki kolam yg bernama Al Kautsar, dan kolam itu dipake untuk menyelamatkan dari ganasnya Alam Mahsyar yg beratapkan Matahari setinggi 7 hasta dan berlantai perak yg sangat panas.

    Orang yang tidak bersolawat tidak akan dikenali nabi,dan mereka berkumpul dengan para musrikin dan kafirin dalam keadaan sengsara dan keahusan serta kepanasan yg sangat menderita selama ribuan tahun.

    Subhanallah…semoga ramhat dan salam selalu limpahkan kepada junjungan kita nabi Muhammad Saw. dan semoga Allah yang Maha Perkasa melindungi kita dari azab Mahsyar dan Azab Neraka yang maha pedih
    . Aminnn….!!!!

  33. Dinar
    November 25, 2011 pukul 4:07 am

    ALAM MAHSYAR

    1. Selepas Malaikat Israfil meniup sangkakala (bentuknya seperti tanduk besar) yang memekakkan
    telinga, seluruh makhluk mati kecuali Izrail & beberapa malaikat yg lain. Selepas itu, Izrail pun
    mencabut nyawa malaikat yg tinggal dan akhirnya nyawanya sendiri.

    2. Selepas semua makhluk mati, Tuhan pun berfirman mafhumnya “Kepunyaan siapakah kerajaan
    hari ini?” Tiada siapa yang menjawab. Lalu Dia sendiri menjawab dengan keagunganNya
    “Kepunyaan Allah Yang Maha Esa lagi Maha Perkasa”. Ini menunjukkan kebesaran &
    keagunganNya sebagai Tuhan yg Maha Kuasa lagi Maha Kekal Hidup, tidak mati.

    3. Selepas itu, Malaikat Israfil a.s. dihidupkan, seterusnya meniup sangkakala untuk kali ke‐2, lantas
    seluruh makhluk hidup semula di atas bumi putih, berupa padang Mahsyar (umpama padang
    Arafah) yang rata tidak berbukit atau bulat seperti bumi.

    4. Sekelian manusia hidup melalui benih anak Adam yg disebut “Ajbuz Zanbi” yang berada di
    hujung tulang belakang mereka. Hiduplah manusia umpama anak pokok yg kembang membesar
    dari biji benih.

    5. Semua manusia dan jin dibangkitkan dalam keadaan telanjang dan hina. Mereka tidak rasa malu kerana pada ketika itu hati mereka sangat takut dan bimbang tentang nasib & masa depan yang akan mereka hadapi kelak.
    6. Lalu datanglah api yang berterbangan dengan bunyi seperti guruh yang menghalau manusia, jin

    dan binatang ke tempat perhimpunan besar. Bergeraklah mereka menggunakan tunggangan (bagi yang banyak amal), berjalan kaki (bagi yang kurang amalan) dan berjalan dengan muka (bagi yang banyak dosa). Ketika itu, ibu akan lupakan anak, suami akan lupakan isteri, setiap manusia sibuk memikirkan nasib mereka.
    7. Setelah semua makhluk dikumpulkan, matahari dan bulan dihapuskan cahayanya, lalu mereka
    tinggal dalam kegelapan tanpa cahaya. Berlakulah huru‐hara yang amat dahsyat.

    8. Tiba‐tiba langit yang tebal pecah dengan bunyi yang dahsyat, lalu turunlah malaikat sambil
    bertasbih kepada Allah Ta’ala. Seluruh makhluk terkejut melihat saiz malaikat yang besar dan
    suaranya yang menakutkan.
    9. Kemudian matahari muncul semula dengan kepanasan yang berganda. Hingga dirasakan seakan‐

    akan matahari berada sejengkal dari atas kepala mereka. Ulama berkata jika matahari naik di
    bumi seperti keadaannya naik dihari Kiamat nescaya seluruh bumi terbakar, bukit‐bukau hancur
    dan sungai menjadi kering. Lalu mereka rasai kepanasan dan bermandikan peluh sehingga peluh
    mereka menjadi lautan. Timbul atau tenggelam mereka bergantung pada amalan masing‐
    masing. Keadaan mereka berlanjutan sehingga 1000 tahun.

    10. Terdapat satu kolam (ضﻮﺣ ) kepunyaan Nabi Muhammad s.a.w. bernamaAl‐ Kaus ar yang
    mengandungi air yang hanya dapat diminum oleh orang mukmin sahaja. Orang bukan mukmin
    akan dihalau oleh malaikat yang menjaganya. Jika diminum airnya tidak akan haus selama‐
    lamanya. Kolam ini berbentuk segi empat tepat sebesar satu bulan perjalanan. Bau air kolam ini
    lebih harum dari kasturi, warnanya lebih putih dari susu dan rasanya lebih sejuk dari embun. Ia
    mempunyai saluran yang mengalir dari syurga.
    11. Semua makhluk berada bawah cahaya matahari yang terik kecuali 7 golongan yang mendapat
    teduhan dari Arasy. Mereka ialah:

    1. Pemimpin yang adil.
    2. Orang muda yang taat kepada perintah Allah.
    3. Lelaki yang terikat hatinya dgn masjid.
    4. Dua orang yang bertemu kerana Allah dan berpisah kerana Allah.
    5. Lelaki yang diajak oleh wanita berzina, tetapi dia menolak dengan berkata “Aku takut pada
    Allah”.
    6. Lelaki yg bersedekah dengan bersembunyi (tidak diketahui orang ramai).
    7. Lelaki yang suka bersendirian mengingati Allah lalu mengalir air matanya kerana takutkan
    Allah.

    12. Oleh kerana tersangat lama menunggu di padang mahsyar, semua manusia tidak tahu berbuat
    apa melainkan mereka yang beriman, kemudian mereka terdengar suara “pergilah berjumpa
    dengan para Nabi”. Maka mereka pun pergi mencari para Nabi. Pertama sekali kumpulan
    manusia ini berjumpa dengan Nabi Adam tetapi usaha mereka gagal kerana Nabi Adam a.s
    menyatakan beliau juga ada melakukan kesalahan dengan Allah Ta’ala. Maka kumpulan besar itu
    kemudiannya berjumpa Nabi Nuh a.s., Nabi Ibrahim a.s., Nabi Musa a.s., Nabi Isa a.s. (semuanya
    memberikan sebab seperti Nabi Adam a.s.) dan akhirnya mereka berjumpa Rasullullah saw. Jarak
    masa antara satu nabi dengan yang lain adalah 1000 tahun perjalanan.
    13. Lalu berdoalah baginda Nabi Muhammad s.a.w. ke hadrat Allah Ta’ala. Lalu diperkenankan doa
    baginda.

    14. Selepas itu, terdengar bunyi pukulan gendang yang kuat hingga menakutkan hati semua
    makhluk kerana mereka sangka azab akan turun. Lalu terbelah langit, turunlah arasy Tuhan yang
    dipikul oleh 8 orang malaikat yang sangat besar (besarnya sejarak perjalanan 20ribu tahun)
    sambil bertasbih dengan suara yang amat kuat sehingga ‘Arasy itu tiba dibumi.

    15.‘Arasy (شﺮﻋ ) ialah jisim nurani yang amat besar berbentuk kubah (bumbung bulat) yang
    mempunyai 4 batang tiang yang sentiasa dipikul oleh 4 orang malaikat yang besar dan gagah.
    Dalam bahasa mudah ia seumpama istana yang mempunyai seribu bilik yang menempatkan
    jutaan malaikat di dalamnya. Ia dilingkungi embun yang menghijab cahayanya yang sangat kuat.

    16.Kursi (ﻲ ﺳﺮآ ) iaitu jisim nurani yang terletak di hadapan Arasy yang dipikul oleh 4 orang
    malaikat yang sangat besar. Saiz kursi lebih kecil dari ‘Arasy umpama cincin ditengah padang.
    Dalam bahasa mudah ia umpama singgahsana yang terletak dihadapan istana.

    17. Seluruh makhluk pun menundukkan kepala kerana takut. Lalu dimulakan timbangan amal. Ketika
    itu berterbanganlah kitab amalan masing‐masing turun dari bawah Arasy menuju ke leher
    pemiliknya tanpa silap dan tergantunglah ia sehingga mereka dipanggil untuk dihisab. Kitab
    amalan ini telah ditulis oleh malaikat Hafazhah / Raqib & ‘Atid / Kiraman Katibin.

    18. Manusia beratur dalam saf mengikut Nabi dan pemimpin masing‐masing. Orang kafir & munafik
    beratur bersama pemimpin mereka yang zalim. Setiap pengikut ada tanda mereka tersendiri
    untuk dibezakan.

    19. Umat yang pertama kali dihisab adalah umat Nabi Muhammad s.a.w., dan amalan yangpertama
    kali dihisab adalah solat. Sedangkan hukum yang pertama kali diputuskan adalah perkara
    pertumpahan darah.

    20. Apabila tiba giliran seseorang hendak dihisab amalannya, malaikat akan mencabut kitab mereka
    lalu diserahkan, lalu pemiliknya mengambil dengan tangan kanan bagi orang mukmin dan
    dengan tangan kiri jika orang bukan mukmin.

    21. Semua makhluk akan dihisab amalan mereka menggunakan satu Neraca Timbangan. Saiznya amat besar, mempunyai satu tiang yang mempunyai lidah dan 2 daun. Daun yang bercahaya untuk menimbang pahala dan yang gelap untuk menimbang dosa.
    22. Acara ini disaksikan oleh Nabi Muhammad s.a.w. dan para imam 4 mazhab untuk menyaksikan
    pengikut masing‐masing dihisab.
    23. Perkara pertama yang diminta ialah Islam. Jika dia bukan Islam, maka seluruh amalan baiknya
    tidak ditimbang bahkan amalan buruk tetap akan ditimbang.
    24.Ketika dihisab, mulut manusia akan dipateri, tangan akan berkata‐kata, kaki akan menjadi
    saksi. Tiada dolak‐dalih dan hujah tipuan. Semua akan di adili oleh Allah Ta’ala dengan Maha
    Bijaksana.

    25. Setelah amalan ditimbang, mahkamah Mahsyar dibuka kepada orang ramai untuk menuntut hak
    masing‐masing dari makhluk yang sedang dibicara sehinggalah seluruh makhluk berpuas hati
    dan dibenarkannya menyeberangi titian sirat.
    26. Syafaat Nabi Muhammad s.a.w. di akhirat :
    a. Meringankan penderitaan makhluk di Padang Mahsyar dengan mempercepatkan
    hisab.
    b. Memasukkan manusia ke dalam syurga tanpa hisab.
    c. Mengeluarkan manusia yang mempunyai iman sebesar zarah dari neraka.
    Semua syafaat ini tertakluk kepada keizinan Allah Ta’ala.

    27. Para nabi dan rasul serta golongan khawas juga diberikan izin oleh Tuhan untuk memberi syafaat
    kepada para pengikut mereka. Mereka ini berjumlah 70 000. Setiap seorang dari mereka akan
    mensyafaatkan 70 000 orang yanglain.
    28. Setelah berjaya dihisab, manusia akan mula berjalan menuju syurga melintasi jambatan sirat.
    Siratul Mustaqim ialah jambatan (titian) yang terbentang dibawahnya neraka. Lebar jambatan
    ini adalah seperti sehelai rambut yang dibelah tujuh dan ia lebih tajam dari mata pedang. Bagi
    orang mukmin ia akan dilebarkan dan dimudahkan menyeberanginya.

    29. Fudhail bin Iyadh berkata perjalanan di Sirat memakan masa 15000 tahun. 5000 tahun menaik,
    5000 tahun mendatar dan 5000 tahun menurun. Ada makhluk yang melintasinya seperti kilat,
    seperti angin, menunggang binatang korban dan berjalan kaki. Ada yang tidak dapat
    melepasinya disebabkan api neraka sentiasa menarik kaki mereka, lalu mereka jatuhke
    dalamnya.

    30. Para malaikat berdiri di kanan dan kiri siratal Mustaqim mengawasi setiap makhluk yang lalu. Setiap 1000
    orang yang meniti sirat, hanya seorang saja yang mampu melewatinya. 999 orang akan
    terjatuh ke dalam neraka.

  34. nurzaman risman
    Februari 19, 2012 pukul 3:03 pm

    masya alLah ,,

    • Devi santi
      Januari 16, 2013 pukul 6:16 am

      Masya ALLAH…….

  35. kasiadi
    Januari 22, 2013 pukul 4:15 pm

    Masya ALLAH..!!!, Astagfirllahal adziim…!!!, semoga Allah meridhoi kita< amiin…!!!

  36. Azalea huda
    Februari 21, 2014 pukul 9:17 am

    Astaghfirullah..Laailaha ilallah.!!! Syukran jazakumullah Dinar..teringat ana kpd Kitab Kasyful Ghaibah

  1. No trackbacks yet.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: