Beranda > Cerita Ringan, HIKMAH > Perjanjian yang tidak benar (hikayah)

Perjanjian yang tidak benar (hikayah)

 

Diceritkan bahwa seluruh burung yang ada di dalam hutan telah bersepakat dalam memberi batasan-batasan atas permusuhan yang ada di kalangan burung.

Maka pada suatu hari berkumpullah seluruh burung yang berada di hutan, mereka menulis sebuah perjanjian yang terdiri dari beberapa masalah, yang mana seluruh burung harus mena’ati perjanjian yang tertulis. Dan inti dari perjanjian itu adalah : ” burung-burung yang kuat tidak boleh memusuhi burung-burung yang lemah dan kecil, (seperti Elang tidak boleh memusuhi Merpati dan burung pemakan daging tidak boleh memakan burung-burung kecil).”

Dengan adanya perjanjian ini burung-burung yang tidak memiliki kekuatan merasa tenang dan merasa bahgaia serta terbang kesana kemari tanpa ada rasa takut dari burung-burung pemakan daging dan burung yang berkuasa di zaman sebelum perjanjian.

Akan tetapi sampai kapan burung-burung penerkam dan burung-burung pemakan daging serta burung-burung pemakan burung-burung kecil akan bertahan hidup? Tidak mungkin bagi mereka untuk menahan rasa laparnya, karena mereka tidak bisa makan kecuali daging.

Setelah beberapa hari dari hari perjanjian beberapa burung kecil hilang dari perkumpulannya(dimakan oleh burung-burung pemakan daging yang lapar) dan beberapa hari kemudian jumlah Merpati berkurang serta di hari berikutnya ditemukan bulu-bulu bebek tergenang di atas sungai. Maka para burung yang kecil&lemah mengadakan perkumpulan darurat yang mana perkumpulan ini didasari atas kekhawatiran yang ada di dalam diri mereka dan atas keadaan yang mulai mencekam mereka, akan tetapi mereka tidak menemukan hasil yang bagus, karena mereka tidak melihat permusuhan dari burung-burung pemakan daging secara nyata.

Saat itu juga salah satu hakim yang bijak dari golongan kancil mendengar apa yang terjadi maka dia menyampaikan kalimat-kalimatnya yang bijak kepada mereka: “kalian harus mewaspadai kemunafikan dari mereka (burung-burung pemakan daging), dan tidak sepantasnya kalian mengadakan perjanjian kepada mereka pemakan daging seperti elang,burung pemakan bangkai, burung pemakan daging, (Israel dan Amerika, serta Negara-Negara yang merampas hak Muslimin).”

Kategori:Cerita Ringan, HIKMAH
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: