Beranda > HIKMAH > Salman al-Farsi sahabat Nabi saw.

Salman al-Farsi sahabat Nabi saw.

Salman adalah sahabat Nabi saw yang setia, dan dia terkenal dengan juhudnya dan tawadhu’nya. Ketika dia ditunjuk sebagai gubernur kota Kufah, dia tidak memiliki rumah saat kedataangannya ke Iraq, dan dia tinggal di bawah naungan masjid sampai dibikinkanlah sebuah gubuk (yang kosong dari peralatan-peralatan rumah kecuali ceret untuk wudhu’) untuknya.

Suatu hari Sahabat Salman di datangi oleh para tamu dari Madinah dan saat itu dia tidak memiliki apapun kecuali roti, maka dia hidangkanlah roti tersebut kepada mereka dengan. Dan disaat para tamu makan roti tersebut, salah seorang dari mereka berkata: “jika ada madu bersama roti ini, maka makanan ini akan terasa lebih enak.!!”

Setelah mendengar ucapan itu, Salman berdiri dengan cepat dan membawa ceret(yang digunakannya untuk wudhu’) keluar rumah. Kemudian dia kembali dengan memabawa bejana yang isinya madu, kemudian dia hidangkan madu tersebut kepada para tamu.

Dan setelah mereka menyelesaikan makannya, mereka semua mengucapkan syukur kepada Allah swt seraya berkata: “puji syukur bagi Allah swt yang menjadikan kami sebagai orang-orang yang berqona’ah(menerima rizki apa adanya).

Maka salman menegor mereka dengan sopan: “jika kalian adalah orang yang berqona’ah wahai teman-temanku, maka ceretku tidak akan menjadi jaminan di toko madu.”

Kategori:HIKMAH
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: