Beranda > Ahulbayt, Seputar Madzhab > Kepemimpinan Sayidina Ali

Kepemimpinan Sayidina Ali

قال رسول الله صلی الله عليه و اهل بيته: ستفترق أمّتي علی ثلاث وسبعین فرقة کلّها في النّار الاّ واحدة.

Rasulullah saw bersabda : umatku akan terpecah menjadi 73 golongan dan semuanya akan masuk neraka kecuali satu.

Hadis diatas ini kita bisa temukan di buku-buku syiah dan sunni, salah satunya ada didalam kitab الفجر الصادق halaman dua cetakan mesir tahun 1323 H.

Hadis tersebut diatas menunjukkan bahwa setiap muslim harus waspada dan harus meneliti golongan yang manakah yang bakal selamat.

Rasulullah saw sendiri secara terang-terangan sudah menunjukkan golongan manakah yang akan selamat dan masuk surga.

قال رسول الله (ص)(لعلي) : أنت و شيعتك راضين مرضيين.

Rasulullah saw bersabda (kepada sayidina ali) : engkau dan syiahmu/pengikutmu adalah orang-orang yang ridha dan diridhai.

Hadis tersebut diatas bisa kita temukan didalam buku-buku syiah dan sunni, dan berikut ini adalah beberapa kitab-kitab ahlu sunnah yang menuliskan hadis tersebut:  1. نور الابصار halaman70 cetakan mesir tahun 1312H.

                2. الدّرّ المنثور في تفسير بالمأثور jilid 6 halaman 379.

                3.  مناقب سيدنا عليhalaman  32.

                  4. تفسیرجامع البیان jilid 15 halaman 265.

                  5. الصواعق المحرقة halaman 161.

                  6. نظم درر السمطين  halaman 92.

Disebutkan juga bahwa Rasulullah saw bersabda: syiah Ali / pengikut Ali mereka adalah orang-orang yang menang dan beruntung di hari kiamat.

قال رسول الله(ص): شيعة عليّ هم الفائزون يوم القيامة.

Hadis ini bisa kita temukan didalam kitab ينابع المودّة  halaman 55 cetakan Istanbul juga didalam kitab مناقب سيدنا علي halaman 37, dan kita bisa temukan didalam kitab-kitab yang lain dari kitab-kitab sunni dan syiah.

Didalam kitab الصواعق المحرقة halaman 96 cetakan mesir tahun 1324H disebutkan bahwa Rasulullah saw bersabda (kepada sayidina Ali): Engkau dan syiahmu akan berada di surga. قال رسول الله(ص)(لعلي): أنت و شيعتك في الجنّة

Disebutkan juga dalam kitab مناقب سيدنا علي halaman 32 bahwa Rasulullah saw bersabda  kepada sayidina Ali : sebaik-baik manusia adalah engkau dan syiahmu.

قال رسول الله(ص)(لعلي): خیر البرية أنت و شيعتك.

Jadi sesuai hadis diatas bahwa umat Nabi saw akan terpecah belah menjadi 73 golongan dan hanya satu yang akan selamat maka wajib bagi setiap muslim untuk mencari golongan manakah yang akan terselamatkan.

Dan sesuai hadis-hadis yang berikutnya maka sungguh jelas bahwa hanya pengikut Ali(syiah Ali ) lah yang akan terselamatkan dan oleh karenanya syiah yang ada sekarang ini mengakui bahwa khalifah setelah Rasulullah adalah sayidina Ali dan bukan yang lain.

(semua hadis-hadis diatas saya nukil dari kitab-kitab ahlu sunnah)

Dan sekarang ketika kita melihat seluruh golongan-golongan islam yang ada maka kita akan mendapatkan bahwa pecinta Sayidina Ali dan pengikut beliau juga ada banyak. Lalu manakah yang benar?

Sebelum kita menjawab pertanyaan ini, marilah kita kembali menengok perkataan-perkataan Nabi saw sebelum Beliau meninggal,

Disebutkan didalam kitab صحيح البخاري 9/147/79 didalam كتاب الاحكام, juga الترمذي في كتاب الفتن 4/501, bahwa Jabir ibn Samrah berkata bahwa aku mendengar Rasulullah bersabda: “akan ada setelahku 12 pemimpin” , kemudian Jabir berkata setelah itu aku tidak mendengar lagi perkataan Nabi saw, kemudian ayahku berkata kepadaku : “semuanya(para 12 pemimpin itu) dari Quraysh.”

Dari perkataan sahabat tersebut sunggguh jelas bahwa khalifah setelah Nabi saw ada 12 orang dan semuanya dari kaum Quraish, lalu siapakah mereka?

Sesungguhnya pertanyaan ini sudah dijawab oleh Nabi saw sendiri,

قال رسول الله (ص): أنا و علي و الحسن و الحسين و تسعة من ولد الحسين مطهرون معصومون.

Rasulullah saw bersabda: “Aku dan Ali dan Hasan dan Husain dan 9 orang dari keturunan Husain adalah suci dan ma’sum.”

Hadis diatas dinukil didalam kitab كفاية الأثر hal19 , ينابع المودّة3/291/9, فرائد السمطين 2/133/430.

Disebutkan juga dalam kitab ينابع المودّة  bab 76 dan 94 yang mana hal ini dinukil juga dari kitab فرائد السمطين  bahwa Jabir ibn Abdillah berkata: Rasulullah bersabda: wahai Jabir, sesungguhnya wasi-wasiku dan para pemimpin muslimin setelahku yang pertama adalah Ali kemudian al-Hasan kemudian al-Husain kemudian Ali ibn al-Husain kemudian Muhammad ibn Ali kemudian Ja’far ibn Muhammad kemudian Musa ibn Ja’far kemudian Ali ibn Musa kemudian Muhammad ibn Ali kemudian Ali ibn Muhammad kemudian al-Hasan ibn Ali kemudian al-Qoim namanya seperti namaku dan kuniahnya seperti kuniahku.

Hal ini juga disebutkan dalam kitab منتخب الأثر halaman 114 dengan sedikit perbedaan yang mana disebutkan bahwa Nabi saw bersabda kepada sayidina Ali: “Aku lebih utama dari para mu’minin dari diri mereka sendiri, kemudian engkau ya Ali lebih utama dari para mu’minin dari diri mereka sendiri.” Kemudian menyebutkan satu persatu para pemimpin setelahnya sampai terakhir al-Hujjah ibn al-Hasan lebih utama dari para mu’minin dari diri mereka sendiri.”

Sekarang  kalau kita melihat dan meneliti satu persatu dari golongan-golongan dan madzhab-madzhab islam yang ada, maka kita akan temukan hanya syiah imamiah atau syiah itsna ashar lah yang memiliki 12 imam/pemimpin dan para pemimpin tersebutlah yang seluruh nama-nama mereka ada didalam hadis Nabi saw diatas.

Dan kalau kita mau sadar dan mau insaf maka kita tidak akan menemukan satu golonganpun kecuali syiah imamiah yang memiliki 12 pemimpin.

Insyallah ini bisa jadi bahan untuk kita memikirkan hari depan kita kelak di akhirat ketika kita menemui Rasulullah saw yang mana Beliau saw akan bertanya kepada kita sudahkah kita mengikuti pemimpin setelahnya.

 

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: