Beranda > Ahulbayt, Seputar Madzhab > Sebaik-baik Makhluk -Khairil Bariyah-

Sebaik-baik Makhluk -Khairil Bariyah-

Al-Hakim al-Haskani adalah salah seorang ulama besar ahlu sunnah, beliau memiliki buku yang sangat menjadi kebanggaan bagi umat islam ahlu sunnah dan buku itu adalah شواهد التنزيل syawahid al-Tanzil.
Beliau hidup di abad ke lima hijriah, salah seorang ulama ahlu sunnah lainnya yang bernama al-Hafidz al-dzahabi berkata Al-Huskani adalah seorang ahli hadis, dan dia adalah orang yang bijaksana serta dia adalah orang yang pandai dalam ilmu agama.
*Di dalam kitab شواهد التنزيل al-Hakim al-Haskani menulis sebuah riwayat yang bersanadkan kepada Sayidina Ali Karamallah wajhah. Dan isi riwayat tersebut adalah seperti ini: sayidina Ali pernah berkata: “Rasulullah saw berbicara kepadaku: “wahai Ali apakah kamu tidak mendengar Firman Allah swt:”إنّ الذين آمنوا وعملوا الصالحات ألئك هم خيرالبرية”(البينة:7) “sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beramal soleh, mereka itu adalah khairil bariyyah/sebaik-baik makhluk.”? Kemudian Nabi saw meneruskan pembicaraannya: “mereka itu adalah engkau dan syiahmu/pengikutmu, dan tempat perjanjianku dan kalian adalah al-Haud (telaga), jika seluruh umat telah berkumpul untuk dihisab, maka kalian akan disebut sebagai orang-orang yang masyhur dan yang bercahaya.”( شواهد التنزيل :2/459) riwayat ini juga disebutkan didalam kitab الدرّ المنثور :6/379 oleh Ibn Mardawiyah dan al-Suyuti. Juga disebutkan didalam kitab المناقب : 265-266 oleh Al-Muwaffak ibn Ahmad.
*Al-Hakim al-Haskani juga menulis dalam kitab yang sama hadis yang kurang lebih sama, akan tetapi dengan perawi yang berbeda. Disebutkan bahwa Ibn Abbas berkata: “ketika ayat ini turun “إنّ الذين آمنوا وعملوا الصالحات ألئك هم خيرالبرية”(البينة:7) Nabi saw bersabda kepada Ali as: “Dia (khairil bariyyah/sebaik-baik makhluk) adalah engkau dan syiahmu/pengikutmu, dihari kiamat engkau dan syiahmu akan datang sebagai orang-orang yang diridhai dan meridhai, dan musuh-musuhmu akan datang pada hari kiamat sebagai orang-orang yang terkena marah Allah swt dan sebagai orang-orang yang terhinakan.” شواهد التنزيل : 2/461, hadis ini juga ditulis oleh Ibn Udai dan Al-Suyuti didalam kitab الدر المنثور : 6/379.
*Hadis yang sama juga ditulis oleh Beliau dengan perawi yang berbeda. Disebutkan bahwa Jabir (salah seorang sahabat Nabi saw) berkata: “ketika ayat ini turun “إنّ الذين آمنوا وعملوا الصالحات ألئك هم خيرالبرية”(البينة:7) Nabi saw bersabda kepada Ali: “dia (khairil bariyah) adalah engaku dan syiahmu, dihari kiamat engkau dan syiahmu akan datang sebagai orang-orang yang diridhai dan meridhai, dan musuh-musuhmu akan datang pada hari kiamat sebagai orang-orang yang terkena marah Allah swt dan sebagai orang-orang yang terhinakan.” شواهد التنزيل : 2/462,
*Beliau juga menuliskan hadis yang kurang lebih sama dengan sanad yang berbeda. Disebutkan bahwa Abi barzah al-Aslami berkata: “Rasulullah saw membaca ayat إنّ الذين آمنوا وعملوا الصالحات ألئك هم خيرالبرية”(البينة:7) kemudian Beliau saw bersabda kepada Ali ra: “mereka (khairil bariyah) adalah engkau dan syiahmu/pengikutmu…..” شواهد التنزيل : 2/463,
*Beliau juga menuliskan hadis dari Buraidah ibn Hashib al-Aslami, yang mana Buraidah berkata: “Rasulullah saw membaca إنّ الذين آمنوا وعملوا الصالحات ألئك هم خيرالبرية”(البينة:7) kemudian Beliau saw meletakkan tangannya diatas bahu Ali ra dan bersabda: “wahai Ali,Dia (khairil bariyah) adalah engkau dan syiahmu. Dihari kiamat engkau dan syiahmu adalah orang-orang yang lepas dari dahaga dan puas dengan minum, sedangkan musuh-musuhmu adalah orang-orang yang sangat kehausan dan terhinakan.” شواهد التنزيل :2/454.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: